Senin, 05 Januari 2009

Ngerubah Program Pikiran Kita, yukzz…

Ty lagi bad mood nih, kesel!! Masa’ pagi-pagi dah dibuat ‘empet sama supir angkot!! Bayangin aja deh, Ty kan kuliah jam 07.30, n Ty berangkat jam 07.20. Dari kos ke kampus dah lebih dari cukup dengan 10 menit, tapi… hari ini… whuaa…!!! Supir angkotnya tuh rese banget!! Di setiap gang yang dilewatin pasti nge-tem. Alhasil, Ty harus lari-lari pas nyampe kampus!! Hikzzz… baju n jilbab yang dah Ty pake dengan rapi jadi “awut-awutan”. N akhirnya, lengkap deh ke-BeTe-an Ty… pas nyampe kelas, dosen Psikometri dah bernyanyi (ups!! Berkoar-koar maksudnya… eh, ngajar ding!).

Nah, gara-gara dari pagi dah bad mood, aktivitas-aktivitas Ty yang laen jadi rada keganggu… whuaa… rese banget kan!? Eitzz, tapi… pas Ty lagi nyantai di depan kelas sendirian, tiba-tiba dateng seorang pangeran (Ups!! Temen maksudnya…), ngasih Ty majalah yang di dalemnya ada artikel tentang “Kekuatan Pikiran”, ternyata bagus banget lhow isi artikelnya! Kurang lebih gni cerita artikel itu (cieh…), setiap respon yang kita berikan pada stimulus yang datang adalah hasil dari “program” yang secara tidak sadar kita terima dari lingkungan kita. Wah, Ty jadi mikir nih… berarti respon Ty tadi pagi itu berasal dari “program” lama yang tersimpan (secara tidak sadar) dalam kognitif Ty. Abis mikir, Ty lanjutin lagi baca artikelnya, kita bisa koq ngerubah “program” lama itu. Caranya?? Dengan memasukkan “program” baru secara sadar ke dalam kognitif kita, “program” barunya yaitu dengan selalu positive thinking pada setiap stimulus yang dateng, so… respon kita juga bakalan jadi positif! Misalnya gini, ke-BeTe-an Ty tadi pagi itu disebabpin karena “program” lama yang ada dipikiran Ty bilang kalo supir yang nge-tem itu nyebelin, atau terlambat itu bener-bener petaka besar. Hmm, sekarang kita coba memasukkan “program” baru dalam pikiran kita! Inget, kuncinya positive thinking. Kalo pake “program” baru Ty akan mikir kaya gni, “hmm,supir angkotnya sabar banget deh… Ty jadi bisa nikmati perjalanan Ty, telat dikit gapapa deh, dari pada dapet angkot yang supirnya ‘ugal-ugalan’, jangan-jangan nyampe kampus tinggal nama doang lagi, hihihi..”. Trus pas Ty harus lari-lari Ty mikirnya gini, “Ty kan sekarang nambah ndut, hihihi… jadi perlu olah raga, lumayan…”. Nah pas telat masuk kelas Ty mikir bgini, “yee! Gara-gara telat masuk kelas Ty jadi dikenal ma dosen, buktinya, dosennya bilang gni, ‘mba yang pake baju ungu, yang tadi telat itu loh, mau kasih pendapat dalam diskusi kita kali ini?’ hihihi…”. Tuh kan.. Ty jadi dikenal!!

Hmm, kayanya hidup jadi lebih hidup ya.., jadi lebih indah juga pastinya. So, Ty bertekad (cie..) untuk membuat “program” baru yang lebih baik dari pada yang lama. Memang ga semudah membalikkan telapak tangan sih, tapi… kita ga akan tau klo belum nyoba loh… Gimana? Temen-temen juga maw coba?? Otreh… semoga hidup kita jadi lebih hidup;)

Tidak ada komentar: